Rabu, 18 September 2013

Menetaskan Telur Bebek dengan Induk Ayam Bagian #2

Selamat sore pengunjung, kali ini saya mau cerita lagi nih tentang proses penetasan telur bebek dengan bantuan induk ayam.


Jadi kemarin itu saya memasukkan 4 butir telur ayam dan 4 butir telur bebek. Setelah ditunggu selama 18 hari ternyata telur ayam sudah ada yang menetas, jadi tinggal telur bebek aja yang belum menetas. Akhirnya saya percaya dari kejadian tersebut ternyata benar bahwa telur ayam akan menetas dalam waktu 21 hari. Tapi, saya masih bingung, bagaimana dengan telur bebek yang belum menetas? Kalau saya turunkan anak ayam dan induknya, bagaimana dengan telur bebek itu? Masa mau saya tinggalkan, kan sayang. Lalu saya berfikir bagaimana kalau saya ambil saja anak ayam itu dan akan saya pisahkan dari induknya, memang seperti yang kejam juga sih, tapi bagaimana lagi, wong itu jalan terbaik ya. Akhirnya saya pindahkan anak ayam itu dari induknya dan sekarang induk ayam itu sedang mengerami telur bebek.



Dari kejadian itu saya sarankan agar Anda tidak usah mencampur telur bebek dan ayam dalam proses penetasan, karena waktu mereka menetas itu berbeda. Tapi kalau Anda tetap ingin, bisa saja, caranya yaitu dengan syarat telur bebek sudah dierami selama seminggu, kemudian baru disatukan dengan telur ayam, jadi waktu penetasan akan sama.




Sebenarnya saya merasa kasihan juga dengan induk ayam itu, saya perhatikan induk ayam itu merasa kehilangan anaknya, buktinya ia tidak mau mengerami telur bebek itu. Tapi saya tidak menyerah, saya terus membawa induk ayam itu ke sarangnya agar mengerami telur bebek itu. Sebelumnya cukup sulit juga, karena induk ayam itu tetap saja tidak mau mengerami seperti sebelumnya. Tapi lama kelamaan akhirnya induk ayam itu terbiasa dan kembali normal setelah beberapa hari mengerami telur bebek.

Tepat pada hari ke-27, telur bebek itu menetas, oh senang sekali rasanya. Alhamdulillah akhirnya saya punya bebek juga. Padahal kan sebelumnya saya takut telur bebek itu tidak menetas, karena lama banget kan ya 28 hari itu, saya takut membuang-buang waktu saja dan tentu kasihan itu induk ayam. Tapi semua itu tidak terjadi, dan alhamdulillah sekarang saya punya induk ayam beranak bebek. Lucu banget kan... Mau mencoba, silakan! :)
Artikel selanjutnya: News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar