Kamis, 20 Agustus 2015

Cara Mengupdate Windows 8 dan 8.1 ke Windows 10

Assalamu`alaiykum warohmatulloh
 
Siapa di antara Anda yang sudah pernah melihat Windows 10? Pasti penasaran dan ingin mencoba bukan? Kalau kita lihat dari tampilannya, wah sangat memukau dan user interface-nya kembali lagi ke 2 dimensi dan di Windows 10 ini tombol start yang menjadi ciri Windows kembali lagi. Ya, mungkin tidak terlalu berbeda dengan Windows 8 atau 8.1 dikarenakan di Windows 10 pun ada menu Start Screen—yakni ikon Windows yang kotak-kotak itu.
Lalu, apa saja fitur-fitur baru di Windows 10? Berikut ini fitur yang dapat Anda dapatkan di Windows 10.

1.     Kembalinya tombol start menu

Kita semua tahu bahwa jajaran Windows dari dulu hingga Windows 7 memiliki start menu. Namun, ketika Windows 8 muncul start menu dihilangkan—akibatnya banyak para pengguna yang tidak menyukai perubahan tersebut. Karena itulah di Windows 10 tombol start menu kembali lagi tentunya dengan fitur yang lebih ditingkatkan sehingga kita dapat dengan mudah mengakses berbagai aplikasi yang sering digunakan.
2.     Didesain agar Komputer bekerja lebih cepat

Inilah yang paling diinginkan oleh semua pengguna komputer. Yakni kecepatan sangat penting. Kita semua pastinya tidak senang kan kalau misalnya komputer kita kinerjanya lelet. Nah, di Windows 10, semua fitur didesain agar dapat bekerja dengan baik pada software dan hardware-nya.
3.     Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah terobosan baru dari Microsoft sebagai pengganti Microsoft Internet Explorer. Kita tahu bahwa jarang sekali pengguna yang menggunakan browser Microsoft Internet Explorer. Karena itu, Microsoft mengganti IE nya agar dapat bersaing dengan browser lainnya. Microsoft Edge ini tentunya didesain agar proses browsing dapat lebih cepat dan ringan. Selain itu, kita juga dapat menandai konten dalam Microsoft Edge—misalnya dengan menyorot/highlight sebuah gambar kemudian dapat kita bagikan di media sosial.
4.     Cortana

Nah, inilah fitur yang sangat baru sekali. Anda pastinya tahu bukan siapa itu Cortana. Cortana adalah asisten digital pribadi layaknya Siri atau Google Now yang ada di perangkat Microsoft Device. Dengan adanya Cortana kita tidak perlu lagi mengetik kata jika kita ingin mencari aplikasi atau menelusuri pencarian di mesin pencari. Cukup dengan mengatakan apa yang ingin kita cari. Namun, sayangnya Cortana saat ini masih menggunakan voice bahasa Inggris. Kita tunggu saja nanti untuk bahasa Indonesia.
5.     Permainan, aplikasi, peta, musik
Nah, kalau aplikasi yang ini pastinya sudah dibenamkan sebagai aplikasi standar. Jika Anda ingin mendapat aplikasi lainnya, Anda dapat mengunduhnya di Store.
 
Lalu untuk mendapatkan Windows 10 ini kita cukup dengan memperbarui beberapa pembaruan di komputer kita. Nanti, setelah pembaruan diterapkan maka akan muncul secara otomatis pemberitahuan bahwa komputer kita siap untuk mengunduh Windows 10. Proses unduhan tidak dikenakan biaya sedikit pun. Mungkin kita cukup dikenakan biaya operator untuk penggunaan data saja. Ukuran Windows 10 ini hanya 2.7—3,6 Gb saja, sama dengan ukuran Windows sebelumnya.

 
Demikian semoga bermanfaat.
 
Sumber: Microsoft.com; winpoin.com; dan berbagai sumber